5 cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100 – 200 kb

  • Whatsapp
mengecilkan-ukuran-foto

Jika kamu ingin merubah atau mengecilkan ukuran foto menjadi 100 sampai 200 kb tetapi kamu tidak mengetahui caranya nah disini syaifulhadi.com akan memberikan panduan bagaimana cara untuk merubah ukuran foto tersebut agar mempunyai ukuran yang kecil.

cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb online dengan mudah

1. Melalui compressjpeg.com

Buat yang tidak ingin ribet untuk mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB, maka anda bisa memakai pilihan ini. Dimana website online yang menyediakan kompress gambar JPEG, PNG ataupun file foto lainnya diantaranya adalah compressjpeg.com website tersebut memberikan cara yang dapat merubah ukuran foto menjadi 200 KB dengan mudah.

mengecilkan ukuran foto

2. Melalui imgonline.com

Di web tersebut kamu akan langsung melihat tombol untuk mengupload foto yang ingin diubah ukurannya menjadi 100kb atau 200kb.

mengecilkan ukuran foto

Silahkan upload foto yang ingin dikompres, ukuran foto setelah dikompres, metode kompres, lalu klik tombol OK.

3. Gunakan compressimage.toolur.com

Kunjungi situs tersebut untuk mengkompres ukuran foto secara online.
Selanjutkan klik tombol Upload Images, untuk mengupload foto yang akan dikecilkan ukurannya.

mengecilkan ukuran foto

Setelah Upload Images berhasil, kalian atur Image quality sesuai dengan kebutuhan ukuran foto yang kalian inginkan biasanya kurang dari 50%. Lalu kalian pilih Compress Images dan akan muncul keterangan foto yang telah dikompres

Silahkan kalian klik tombol Download untuk menyimpan hasil kompresan foto tersebut.

4. Menggunakan PhotoScape X untuk pengguna Windows 10

alah satu aplikasi editor foto yang paling mudah digunakan untuk Windows 10 adalah PhotoScape X, aplikasi ini merupakan aplikasi editor favorit saya. Hampir semua keperluan grafis untuk situs ini diedit dengan menggunakan aplikasi ini. Selain karena tampilannya yang modern dan navigasi tombol-tombolnya mudah dipahami, fitur-fiturnya juga sangat lengkap untuk ukuran editor foto gratisan.

Untuk mengecilkan foto baik secara dimensi maupun kapasitasnya bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Sebelum kita mulai praktek, kalian harus install dulu aplikasinya di komputer kalian.

Aplikasinya bisa didapat Microsoft Store atau lewat link di bawah ini:

Download Disini

Setelah aplikasi terinstall, langsung saja buka dan masuk ke menu Editor.

Masukkan gambar yang ingin dikecilkan ukurannya, caranya dengan drag drop langsung ke editor atau menekan tombol Open.

mengecilkan ukuran foto

Setelah gambar masuk ke editor, tekan tombol Edit yang ada di pojok kanan atas.

Lalu klik simpan dan atur ukurannya mengecilkan ukuran foto

5. Menggunakan aplikasi FastStone Photo Resizer

Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100 Kb yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi FastStone Photo Resizer. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk mengecilkan foto dalam jumlah banyak sekaligus, jadi tidak perlu lagi melakukannya satu per satu.

FastStone Photo Resizer biasanya saya gunakan kalau foto yang mau dikecilkan ukurannya itu jumlahnya banyak, lumayan efektif untuk menghemat waktu. Aplikasi ini bisa dipakai untuk crop, resize, dan compress foto menjadi 300 Kb, 200 Kb, 100 Kb atau bahkan lebih kecil dari itu.

Pertama download dan install dulu aplikasinya dari sini:

Download Disini

Setelah itu buka aplikasinya. Agar lebih mudah sebaiknya foto-foto yang mau dikecilkan ukurannya diletakkan dalam satu folder.

mengecilkan ukuran foto

Pada aplikasi FastStone Photo Resizer klik direktori atau folder tempat foto yang ingin dikecilkan berada > pilih foto mana saja yang mau diedit > klik Add.

Setelah itu lihat pada menu bagian bawah, centang opsi Use Advanced Options.. > klik Advanced Options > Resize.

mengecilkan ukuran foto

Pada menu ini kalian bisa menentukan dimensi foto mau dibuat jadi berapa kali berapa sesuai kebutuhan.

mengecilkan ukuran foto

Lihat pada gambar di atas, saya mengecilkan dimensi foto menjadi 400×400 pixels, kalian bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk menjaga agar rasio foto tetap proporsional centang pada opsi Preserve Aspect Ratio dan Smart-Cropping.

Setelah itu klik OK.

Kemudian lihat lagi pada menu Output Format > ganti jadi JPEG > klik Settings

Turunkan kualitas foto menjadi 80.

Klik OK. Kemudian lihat lagi pada menu Output Folder dan Rename. Centang opsi Output Folder kemudian tentukan di mana foto yang sudah dikecilkan ukurannya mau disimpan.

Centang juga pada menu Rename, kemudian tentukan nama file foto yang baru. Tambahkan karakter # untuk memberikan penomoran pada nama file. Setelah itu klik Convert.

Tunggu hingga proses selesai, biasanya hanya beberapa detik saja. Kalian akan melihat perbandingan kapasitas file yang lama dan yang baru. Dengan settingan seperti di atas saya berhasil mengecilkan foto menjadi kurang dari 100 kb,

Kelebihan cara ini adalah kita bisa mengecilkan ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus. Jika ternyata ukurannya masih lebih dari 100 Kb atau 200 Kb (tergantung kebutuhan) maka kalian bisa turunkan lagi dimensi dan kualitasnya sedikit.

Nah itulah 5 cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100 – 200 kb semoga ulasan di atas bermanfaat untuk teman teman sekalian. bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *