Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

  • Whatsapp
Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console 1

Bangun pagi-pagi saya mendapat email dari google search console yang isinya adalah ” Breadcrumb masalah terdeteksi di https://syaifulhadi.com/ ” sontak saja ini langsung membuat saya bingung.

Karena saya rasa saya tidak pernah melakukan kesalahan apa apa, langsung saya coba telusuri dan saya pahami. Akhirnya saya dapat menyelesaikan masalah breadcrumb ini di google console atau google webmaster.

Memperbaiki Breadcrumb data-vocabulary.org schema deprecated

1. pertama yang harus anda lakukan madalah mengecek permasalahan yang di kirim di email kemudian klik perbaiki breadcrumb masalah

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

2. Setelah di klik kamu akan di arahkan ke google search console kamu dan tampilannya akan seperti di bawah ini.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Ternyata ada masalah pada ” data-vocabulary.org schema deprecated ” dan yang terpengaruh ada 2 url milik saya seperti gambar di bawah ini.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

3. Untuk cara memperbaikinya Kamu bisa pakai tools dari google utk cek halaman yg struktur data-nya bermasalah, di sini: https://search.google.com/structured-data/testing-tool

Di sana akan diberitahukan kesalahannya apa, kamu tinggal perbaiki kesalahan tersebut.

ketika link google kamu klik kamu akan di arahkan ke halaman seperti gambar di bawah.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

kemudian klik jalankan pengujian. pada saat saya melakukan pengujian saya mendapati error di struktur breadcrumb yang saya buat seperti ini.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Ternyata google sudah tidak menggunakan Skema data-vocabulary.org tidak digunakan lagi dan tidak didukung lagi oleh Google. Harap migrasikan menggunakan jenis schema.org.

Jadi dengan penjelasan error tersebut saya mencoba migrasikan dari skrema data-vocabulary ke schema.org dan ternyata benar adanya.

Untuk memulai alangkah baiknya jika kita mengenal apa itu schema markup nah disini saya jelaskan dlu ya.

Mengenal schema markup untuk mendatangkan trafik banyak

Schema berada di balik scenes code yang memberikan informasi lebih banyak tentang situs Anda kepada Google , yahoo, bing, yandex (dan mesin pencari lainnya).

Bentuk schema markup yang paling banyak digunakan adalah rich snippet. Banyak sekali contohnya di mesin pencarian ketika Anda hendak mengakses suatu website.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Coba lihat gambar di atas akan terlihat unik dan menarik, kemunculan rich snippet di hasil pencarian dapat meningkatkan traffic di mesin pencari. Bahkan posisi situs Anda tidak akan tergoyahkan.

Setelah Google melihat dan meninjau situs Anda yang di dalamnya memiliki schema markup, mesin pencari tersebut akan menggunakan data yang diterima untuk membuat hasil pencarian lebih atraktif dan bermanfaat.

Pada saat Anda menjalankan schema markup yang memuat Google bot, informasi yang ada di situs Anda menjadi lebih akurat dan bermanfaat.

Hal ini tentunya, tampilan rich snippet bergantung pada tipe konten di halaman Anda.

rich snippet akan menampilkan beberapa hal, seperti rating. Sementara itu di halaman produk, Anda akan melihat daftar harga dan ketersediaan barang.

Ada banyak tipe schema markup yang bisa digunakan, tergantung pada jenis konten halaman.

Nah pastinya sudah jelas bukan apa itu schema markup tentunya kamu harus mengetahui kelebihan dengan menggunakan dari schema markup ini

Kelebihan menggunakan schema markup untuk blog

Biasanya, kita menggunakan tag formating untuk ‘memberitahu’ Google mengenai situs kita. Misalnya, kita menggunakan heading tag, memilih focus keyword, dan mengoptimalkan meta description.

Meski informasi di atas telah ditambahkan, terkadang konteks halaman situs kita masih kurang jelas, terutama hal-hal yang terkait kata atau frasa yang memiliki banyak arti.

Schema dipasangkan ke situs guna menyediakan tambahan konteks ke halaman dan postingan kita. Dengan begini, ranking halaman dan postingan akan meningkat secara akurat di mesin pencari.

Pasti anda tertarik untuk memasang ini bukan. bentar-bentar salah satu teman saya bertanya apakah ini bisa di terapkan untuk blog jenis tutorial atau artikel. Jawabnya adalah YA.

Janis jenis skema yang bisa di gunakan untuk markup

– Data bisnis lokal
– Event (acara)
– Resep
– Daftar film
– Ulasan
– Reservasi
– Artikel

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Saya sendiri terkejut setelah mendapatkan email ini saya kira ketika menggunakan template premium otomatis sudah terpasang skhema markup padahal seharusnya dengan plugin id core blog sudah bisa menggantikan schema markup tersebut.

Cara install plugin schema markup di wordpress

1. Buka Plugins > Add New melalui dashboard WordPress dan cari Schema. plugin ini suport untuk semua versi template wordpress

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Setelah di install kemudian klik setting untuk memulai konfigurasi plugin.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Kemudian klik save

selanjutnya kembali ke google console lalu klik mulai validasi

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Demikian Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki Breadcrumb di search console

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *