5 Cara Menanam Bunga Mawar di Pot

  • Whatsapp
Cara Menanam Bunga Mawar

Cara menanam bunga mawar – Pada kesempatan kali ini syaifulhadi.com akan membagikan artikel mengenai cara budidaya bunga mawar di dalam pot. sebelum memulai ada baiknya kita harus mengetahui apa itu bunga mawar terlebih dahulu.

Bunga mawar atau biasa di sebut rose adalah salah satu tanaman hias yang banyak di minati masyarakat khususnya indonesia.

Bunga mawar yang di budidaya di indonesia lebih dari 100 jenis ada bunga yang besar dan juga kecil warna bunga mawar juga sangat banyak mulai dari merah,kuning,biru,hitam bahkan warna seperti pelangi pun ada.

Lantas bagaimana cara kita untuk menanam bunga mawar ini ?

Banyak cara untuk menanam bunga mawar salah satunya kita menanam di dalam sebuah pot bunga tetapi ternyata menanam bunga mawar tidak sembarang menanam kita perlu mengetahui syarat wajib untuk kelangsungan bunga mawar yaitu

Agar bunga mawar tumbuh lebat.

A) Iklim

Untuk menanam bunga mawar harus mengetahui iklim yang pas untuk kelangsungan budidaya bunga mawar yaitu.

  • curah hujan 1500-3000 mm/tahun
  • Sinar matahari 5 – 6 jam per hari (terutama pagi hari)
  • Temperatur optimum 18˚ – 26˚C
  • Kelembaban udara 70 – 80 %
  • Ketinggian tempat 560 – 800 m dpl.

B) Tempat tanaman bunga mawar :

  • Jenis Tanah Andosol, Latosol
  • Tekstur tanah liat berpasir
  • Struktur tanah subur, gembur, kaya bahan organik, aerasi dan drainase baik.
  • Keasaman tanah (pH) 5,5 – 7,0.

5 Cara Menanam Bunga Mawar di Pot Tumbuh Subur

Berikut adalah panduan cara menanam bunga mawar di dalam pot agar tumbuh subur dan berbunga lebat.

  1. Pemilihan bibit bunga
    Dalam pemilihan bibit kita tidak bisa asal sembarang pilih karena dalam pemilihan bibit kita bisa memilih apakah kita akan menanam bunga mawar dari biji atau dari hasil stek batang, pemilihan bibit harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan budidaya dan juga pilihlah jenis bunga mawar yang mudah dalam perawatannya.
  2. Siapkan Pot dengan tanah subur
    Karena media tanam kita berupa pot bunga maka kita harus mengolah sedemikian rupatahan dalam pot agar tanah menjadi subur, tanah harus memiliki kandungan kompos atau pupuk kandang yaitu sekitar segenggam orang dewasa agar tanah lebih subur.

    Didalam pot harus ada campuran tanah, pasir pupuk kandang dengan perbandingan 4:1:2

  3. Cara tanam
    Jika bunga mawar hasil jadi stek maka sebaiknya waktu penanaman pada pagi hari dan batang di haruskan di rendam dahulu dengan konsentrasi 1 :10 selama 1 jam kemudian tancapkan di tengah tengah pot.
  4. Pemeliharaan
    Bunga mawar wajib di rapat secara intensip mulai dari penyiraman yang di lakukan di pagi dan sore hari sesuai dengan kondiri tanah serta harus di perhatikan rumput yang ada di dalam pot harus di bersihkan
  5. Pupuk bunga mawar
    pupuk yang di gunakan bunga mawar biasanya adaah NPK sebanyak 5 gram / batang pemberiannya adalah ketika bunga mawar berumur 7 hari setelah tanam. kemudian setelah berumru 3 bulan ambahkan 250 kg pupuk urea sesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian 5 Cara Menanam Bunga Mawar di Pot semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *