Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan Dengan Mudah

  • Whatsapp
perpanjnag stnk 5 tahunan

Pada kesempatan kali ini saya ngin memberikan panduan perpanjang stnk 5 tahunan dimana pastinya teman-teman memikirkan bagaimana cara mengurus STNK di Samsat? Prosedur yang ribet ditambah tarif ganti plat motor yang gosipnya banyak pungli? apakah benar begitu?

Nah maka dari situ disni saya akan berikan panduan lengkapnya.

Kenapa Perlu perpanjang STNK 5 Tahunan

Buat kamu yang belum tahu, kita pahami dahulu yuk mengapa kita perlu perpanjang STNK dan ganti plat motor.

Tiap-tiap pemilik kendaraan bermotor mesti meregistrasikan kendaraannya di Samsat sebelum dioperasikan. Registrasi ini dilaksanakan untuk menerima Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Pedoman Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), dan juga Pedoman Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

STNK dan TNKB cuma berlaku lima tahun dan perlu dilaksanakan pengesahaan tiap-tiap satu tahun sekali. Tiap-tiap mengerjakan peresmian tahunan ini, lembar STNK akan dibubuhi cap atau stiker pada kotak yang tersedia. Dikala kotak hal yang demikian sudah penuh, artinya itu saatnya STNK dan TNKB diganti.

Yuk, simak prosedur sistem ganti plat motor atau pembayaran pajak lima tahunan berikut ini.

Metode dan Tarif Ganti Plat Motor atau Perpanjang STNK 5 Tahunan

Syarat yang perlu kamu bawa:

  1. STNK orisinil dan fotokopi (1 lembar)
  2. KTP orisinil asli STNK dan fotokopi (1 lembar)
  3. BPKB orisinil dan fotokopi (1 lembar)
  4. Motor yang berharap dibayar pajaknya
    Sedikit kiat, sebaiknya kamu membawa bolpoin sendiri supaya tak perlu antri lama untuk mengisi formulir. Bila persyaratannya telah siap, saatnya menuju Samsat induk di daerahmu.

Ini prosedurnya:

  1. Mengerjakan cek jasmaniah motor atau gesek
    Dikala tiba di lokasi, jangan seketika cari parkir. Pergi ke loket registrasi cek jasmaniah untuk mengambil nomor antrian.
  2. Cari lokasi cek jasmaniah motor dan antri di sana untuk menunggu giliran. Walau ada banyak motor yang mengantri, tetapi umumnya ada lebih dari dua jalanan antrian, sehingga pelaksanaannya gak lebih dari 10 menit.
  3. Idealnya, tak ada pemungutan tarif sepeser malahan ketika cek jasmaniah. Melainkan, sekiranya kamu dimintai uang dan merasa terkena pungli, boleh kamu laporkan kok.Meregistrasikan dan validasi hasil cek jasmaniah ke loket cek jasmaniah kendaraan
    Berakhir cek jasmaniah, baru deh parkirkan motormu. Lalu, serahkan hasil cek jasmaniah dan STNK orisinil ke
  4. komponen legalisir hasil cek jasmaniah. Umumnya, tempatnya berdekatan dengan lokasi gesek. Di sini kamu perlu menunggu sekitar 15 menit.
  5. Mengisi formulir perpanjang STNK 5 tahunan
    Ambil formulir pada loket registrasi pengambilan formulir STNK. Lengkapi seluruh komponen yang patut diisi. Bila keder, meminta bantuan petugas untuk memberi nasehat kolom apa saja yang perlu dilengkapi. Mengisi formulir butuh waktu sekitar 2-5 menit.
  6. Mendaftar pembayaran pajak
    Siapkan berkas yang sudah kamu bawa, dilengkapi dengan berkas cek jasmaniah yang sudah dilegalisir, dan formulir registrasi yang sudah diisi. Serahkan seluruh berkas ke loket registrasi. Di sini kamu akan menerima nomor antrian. Umumnya, lama menunggu sekitar 30-60 menit, tergantung tingkat keramaian.
  7. Mengerjakan pembayaran pajak
    Dikala namamu dipanggil, bayarlah pajak di kasir cocok angka tercetak di lembar pajak. Cara pembayaran pajak gak lama kok, cuma butuh 3-5 menit.
    Di sini kamu akan menerima dua lembar bukti bayar, lembar putih dan lembar biru. Lembar putih untuk ambil plat nomor dan lembar biru untuk ambil STNK.
  8. Ambil STNK dan plat nomor baru
    Ambil STNK di loket pengambilan STNK. Cek apakah data di STNK telah cocok dengan nama, plat nomor, dan tipe kendaraan. Waktu tunggu pengambilan STNK umumnya berkisar 5-10 menit. Kecuali STNK, kamu juga akan menerima bukti bayar pajak baru.
    Berikutnya, ambil plat nomor di loket TNKB. Di sini kamu juga perlu menunggu sekitar 5-10 menit. STNK dan plat nomor baru malahan telah di tangan.

Dari tingkatan di atas, progres perpanjangan STNK lima tahunan ini kaprah-kaprah memerlukan waktu sekitar 1-2 jam. Kamu malahan tak dikenai tarif, kecuali pembayaran pajaknya. Pemerintah juga mengimbau untuk tak mengerjakan pembayaran apa malahan tanpa kuitansi dengan cap PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Nah sekilan Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan Dengan Mudah semoga ulasan ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Bantu share ya 🙂

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *