Pemilik hidroponik di permudah dengan Si Monik

  • Whatsapp
pemilik hidroponik

Si Monik merupakan kepanjangan dari Sistem Monitoring Hidroponik. Dengan alat ini tanaman hidroponik dapat dipantau secara langsung (real-time) ataupun online dari kejauhan.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kampus tempat saya kuliah dulu menciptakan Sistem Monitoring Hidroponik dimana di lakukan oleh 2 orang dosen jenius yaitu Arif Supriyanto S.Kom M.Cs dan Fathurrahmani, S.Kom M.Kom.

Saat ini Si Monik dapat memonitor beberapa informasi penting pada tanaman Hidroponik. Seperti suhu, kelembapan, nutrisi air, pH air dan level ketinggian air. Dengan terus memonitoring kondisi air, dapat dipastikan tanaman memperoleh nutrisi yang baik.

Jadi tidak perlu lagi menggunakan alat TDS meter. Dengan Si Monik ini pemilik dapat memastikan nutrisi diberikan tepat pada banyak hidroponik sekaligus, meskipun berada di banyak lokasi berbeda

Si Monik telah diuji cobakan pada hidroponik tanaman selada air, dan PakCoi. Menurut dua peneliti ini Si Monik juga sangat efektif memonitor pembudidayaan macam-macam jenis sayuran.

Sistem yang dikembangkan sejak awal tahun 2019 ini terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang dapat di akses melalui browser pada smartphone maupun komputer pengguna. Untuk pembuatan prototipe Si Monik, kedua Dosen Teknologi Informasi Politala ini menghabiskan modal sekitar Dua Juta Rupiah, karena masih kesulitan mendapatkan sensor yang diperlukan.

Si Monik sendiri merupakan bagian dari proyek penelitian Internet of Things (IoT). Internet of things merupakan konsep dalam Teknologi Informasi yang memanfaatkan internet untuk menghubungkan terus menerus berbagai benda, bahkan benda mati sekalipun. Dengan IoT data yang diperlukan dari benda dapat diperoleh secara terus menerus melalui internet.

Sebelumnya Si Monik juga berhasil mendapat juara 3 Kompetisi Teknologi Tepat Guna dalam Pagelaran Temu Inovator dan Pelaku Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut.

Saya sebagai alumni mahasiswa politeknik tanah laut merasa bangga memiliki dosen seperti bapak Arif Supriyanto S.Kom M.Cs dan bapak Fathurrahmani, S.Kom M.Kom. semoga kedepannya Si Monik terus berkembang dan bisa di produksi secara masal.

Sumber : Wartaniaga.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *