Pengenalan bank sampah, dari sampah jadi berkah

  • Whatsapp
bank sampah

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

Berawal dari pengalaman saya ketika masih menjadi seorang mahasiswa di tanah laut ketika masih berada di semester 3 saya sudah mendapatkan study kasus pembuatan aplikasi bank sampah alfath group di kota pelaihari.

Kemudian ketika menginjak semester 6 untuk bahan Tugas akhir saya mendapatkan kasus untuk membuat aplikasi serupa di daerah panggung berseri.

dari situlah banyak sekali seluk beluk pengetahuan tentang lembaga tersebut yang saya ketahui dari jenis-jenis sampah yang laku di jual, harga sampah yang di jual serta para nasabah yang setia menabung sampah.

Transaksi yang di lakukan bank sampah

Transaksi yang di lakukan di pengelola bs yaitu masyarakat yang terdaftar menjadi nasabah dapat menabung sampah yang di milikinya kemudian sampah yang di jual akan menghasilkan saldo, saldo tersebut dapat di tukarkan dengan uang ataupun sembako.

Pada study kasus saat TA saya membuat aplikasi pengelolaan bank sampah yang berlokasi di desa panggung. dengan aplikasi ini nasabah bisa melihat jumlah saldo debit atau kredit hanya dengan menggunakan hp smartphone. dan admin juga di permudah untuk proses transaksi sampah.

Dimana proses transaksi sampah  dapat di lakukan dengan mudah karena di dalam aplikasi admin hanya harus memilih jenis sampah dan berat sampah maka akan secara otomatis terhitung jumlah saldo yang di dapatkan nasabah. fitur lain seperti transaksi, jenis sampah, detail transaksi sampah, saldo nasabah serta rekap yang dapat di cetak dalam bentuk pdf.

Aplikasi Bank sampah dengan fitur saldo

Untuk aplikasi yang sudah saya buat gambarannya seperti di bawah ini:

bank sampah

bank sampah

bank sampah bank sampah

itu hanya beberapa gambar capturan dari aplikasi bank sampah di desa panggung berseri yang saya buat anda bisa melihat aplikasinya di playstore dengan link di Sini

Aplikasi tersebut hanya dapat di gunakan oleh admin dan nasabah panggung berseri.

Jika anda berminat dengan aplikasi tersebut saya bisa melakukan kostumisasi agar sesuai dengan bank sampah di desa anda. dengan biaya Rp. 1000.000 anda sudah mendapatkan aplikasi di atas. (sudah termasuk hosting, dan upload di google playstore).

Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana saya 🙂

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *