Peran KMS dalam ilmu Pengetahuan

  • Whatsapp
Peran KMS dalam ilmu Pengetahuan
  1. Peran sistem manajemen pengetahuan (KMS) dalam bisnis
    Knowledge Management System (KMS) adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman.

    Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi.

    Fokus dari MP adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

    Manajemen pengetahuan atau knowledge management sangat penting bagi sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut bisa berkembang pesat.

    Knowledge management berfungsi sebagai pendekatan yang terencana dan juga sistematis agar menjamin penerapan pengetahuan organisasi yang baik.

    Sekaligus meningkatkan gagasan, inovasi, pemikiran, kompetensi dan keahlian. Dengan begitu organisasi bisa berjalan lebih terarah, efektif dan efisien.

  2. Peran sistem manajemen pengetahuan (KMS) dalam bisnis yaitu :
  • Menciptakan pengambilan keputusan yang lebih tepat
    Setiap keputusan akan lahir dengan pemikiran yang sangat matang.

    Karena diputuskan berdasarkan berbagai pertimbangan penting berdasarkan pengalaman dan informasi yang ditinjau dari beragam aspek penting.

    Sebagai contoh knowledge sharing yang senantiasa mempelajari dinamika pasar dan sekaligus tuntutan yang dibutuhkan konsumen.

    Dengan begitu menjadikan perusahaan selalu fokus hanya menjual sesuatu yang memang digemari dan diperlukan oleh konsumen atau target pasar.
  • Meningkatkan layanan pada pelanggan
    Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan bukan hanya menjadi tanggung jawab customer service dan tenaga pemasaran saja.

    Tapi merupakan tugas bersama seluruh bagian organisasi tersebut. Dengan demikian terjadi jalinan kerjasama yang baik antara divisi. Sehingga tercipta tim kerja yang kuat yang tidak hanya memikirkan kepentingannya sendiri saja.
  • Meningkatkan efisiensi pada proses dan cara kerja
    Dengan menerapkan cara yang efisien dalam proses dan cara kerja, maka tercipta hasil kerja yang lebih baik.

    Kalau seringkali mengadakan evaluasi pada kinerja organisasi tersebut, setiap individu bisa bekerja lebih cerdas.

    Terutama bisa memanfaatkan segala sumber daya yang telah telah tersedia dari masa ke masa.
  • Menambah jumlah jasa atau produk
    Selain bisa meningkatkan jumlah jasa atau produk, juga bisa meningkatkan segala kompetensi untuk melakukan inovasi.

    Dengan begitu segala produk atau jasa yang sesuai dengan harapan konsumen bisa tercipta dengan cepat.

    Pada umumnya tanggung jawab untuk selalu berinovasi adalah tugas bagian pengembangan dan penelitian saja.

    Tapi dengan penerapan manajemen pengetahuan, maka tidak hanya menjadi tugas dari bagian atau divisi itu saja.

    Tapi menjadi tanggung jawab semua kelompok atau semua orang yang berada di dalam organisasi tersebut.
  • Menghemat kebutuhan biaya dan waktu
    Karena telah tersedia sumber pengetahuan yang memadai dan terstruktur dengan bagus, dengan demikian organisasi akan lebih mudah dalam menerapkan pengetahuan itu guna perbaikan berbagai konteks.

    Dengan demikian sebuah organisasi bisa mendapatkan penghematan atas biaya dan waktu yang dibutuhkan.

3. Jenis sistem yang digunakan untuk pengetahuan dan bagaimana sistem tersebut dapat memberikan nilai bagi bisnis

Tiga jenis sistem yang digunakan manajemen pengetahuan:

Baca Juga :

PENGALAMAN MENGGUNAKAN WPS OFFICE

  • Enterprise-wide knowledge management systems (Sistem manajemen pengetahuan di seluruh perusahaan).

    Upaya umum di seluruh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan konten dan pengetahuan digital.

    Sistem ini memberikan nilai bagi bisnis yaitu dengan manfaat agar penerapannya mempermudah dalam memanajemen segala proses pengetahuan digital urusan bisnis perusahaan tersebut.
  • Sistem kerja pengetahuan, Knowledge work systems (KWS). Sistem khusus yang dibangun untuk insinyur, ilmuwan, pekerja pengetahuan lain yang ditugasi untuk menemukan dan menciptakan pengetahuan baru.

    Sistem ini memberikan nilai bagi bisnis dengan memberi fungsi dalam memanajemen pengertahuan melalui cara memberi wadah bagi para ilmuan, insinyur, dan pekerja pengetahuan lainnya agar dapat diberdayakan bagi bisnis perusahaan tersebut.
  • Intelligent techniques (Teknik cerdas). Penambangan data kelompok yang beragam digunakan untuk berbagai tujuan: menemukan pengetahuan, menyaring pengetahuan, menemukan solusi optimal.

    Sistem ini memberikan nilai bagi bisnis yaitu dengan menggali dan mengembangkan berbagai pengetahuan serta solusi optimal bagi bisnis perusahaan tersebut.

4. Manfaat  dan peran Artificial Intelligence (AI) untuk manajemen pengetahuan

Ada beberapa hal yang bisa di lakukan oleh Artificial Intelligence (AI) dan manfaat nya bagi manajemen  pengetahuan, beberapa di antaranya adalah

  • Pembuatan konten otomatis, dalam bidang ilmu pengetahuan khususnya di bidang bisnis teknologi menjadi salah satu hal yang menunjang AI ini bekerja,

    pada tahun 2015 Gartner symposium pernah memprediksi ilmu pengetahuan akan mengalami banyak sekali perubahan, salah satu perubahan yang paling mencolok adalah perubahan pemuatan konten.

    Pada tahun 2018 sekitar 20% konten dalam sebuah ilmu pengetahuan akan di muat dengan menggunakan Mesin AI.

    Dengan mengingat perkembangan teknologi semakin canggih tak heran jika perkembangan AI Menjadi manfaat yang akan di rasakan akibat berkembangnya ilmu pengetahuan.
  • Mesin pembuat report , bagi ilmu pengetahun di bidang bisnis memiliki banyak sekali client harus selalu di analisa salah satu hal yang menjadi masalah adalah report hasil keinerja pekerjaan.

    Tetapi masalah tersebut kini dapat di atasi akibat perkembangan teknologi AI yang memungkinkan teknologi dapat menjadi pemecah permasalahan tersebut.

    Contohnya saja bisnis agency menjadi salah satu perusahaan yang di tuntut untuk membuat konten dan campaign dalam jumlah yang sangat besar dan dengan jumlah client yang banyak dan berbeda beda untungnya hal ini dapat di selesaikan dengan AI interaktif yang sudah di kembangkan oleh teknologi yang semakin maju.

    Alhasil teknologi dapat menghasilkan report secara maksimal dan ini adalah salah satu contoh perkembangan AI di bidang ilmu pengetahuan bisnis.

Terimakasih di ucapkan kepada ;

  • Nama : Nor Azizah
  • NIM : 1710131320034
  • Kelas : Sistem Informasi Pendidikan
  • Prodi : Pendidikan Komputer

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *