Pengertian struktur diastropik

  • Whatsapp
struktur diastropik

Pada artikel ini kita akan membahas Pengertian struktur diastropik sebenarnya apa sih struktur diastropik itu ?

Struktur Diastropik adalah suatu pergeseran muka bumi yang dipengaruhi oleh adanya gerakan-gerakan kerak bumi, sehingga gerakan-gerakan tersebut mengakibatkan perubahan bentuk yang menghasilkan pola baru.

Baca Juga : Contoh kerjasama ASEAN di semua bidang

Daftar Isi

Contoh struktur diastropik

  1. Struktur Pelengkungan Lapisan batuan yang baru terbentuk cenderung mendatar. lapisan ini bila mendapat tekanan vertikal tidak merata akan membentuk struktur batuan yang melengkung. pelengkungan dapat mengarah ke atas yang di sebut kubah (dome) dan dapat pula mngearah ke bawah yang di sebut cekungan (basin)
  2. Struktur Lipatan Struktur Lipatan terbentuk apabila lapisan itu mnegalami tekanan lemah. akibat tekanan tersebut lapisan yang semula mendatar (horizontal) akan terlipat-lipat. bagian lipatan dis ebut antiklinal dan lembah lipatan disebut sinklinal. bentuk lipatan dapat dibedakan menjadi lima macam, yakni sebagai berikut:Fleksur yaitu suatu keadaan peralihan antara lekukan dengan putusnya lapisan batuan.
    Lipatan tegak atau lerengnya simetris.
    Lipatan Miring atau lereng-lerengnya tidak simetris.
    Lipatan Terletak Atau lipatan yang satu menutupi lipatan yang lain.
    Lipatan menutup atau lipatan yang satu menutupi lipatan yang lain tetapi ukurannya lebih besar.

Bentuk baru struktur diastropik

Bentuk permukaan bumi yang sangat beraneka ragam bentuknya, bentuk permukaan bumi ini ada melalui proses yang panjang dari beberapa kejadian. salah satunya adalah struktur diastropik.

Struktur diastropik  adalah pergeseran muka bumi sebagai akibat dari pergeseran lempeng bumi, sehingga menghasilkan bentuk perukaan bumi dengan pola yang baru.Diatropisme juga merupakan bentuk pola permukaan bumi yang baru sebagai akibat dari aktivitas magma bumi. Yang termasuk struktur diastropik adalah lipatan, lengkungan , retakan dan patahan.

Demikian artikel tentang struktur diastropik semoga bermanfaat.

Mau tau soal kunci jawaban tema ?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *