Tujuan blokade ekonomi belanda

  • Whatsapp
Tujuan blokade ekonomi belanda

Di artikel ini saya akan membahas Tujuan blokade ekonomi belanda secara lengkap akuran bersumber dari informasi yang terpercaya berupa buku media lain, sebenarnya apa sih tujuan blokade ekonomi belanda ?

Tujuan belanda memblokade Bangsa Indonesia adalah agar Indonesia tidak mendapat bala bantuan dari negara lain. Sebab bila Belanda mengijinkan Indonesia melakukan kegiatan ekonomi terhadap negara lain, maka Indonesia akan dengan sangat cepat mendapatkan bala bantuan dari negara lain.

Baca Juga :

Contoh kerjasama ASEAN di semua bidang

Ada pula jawaban serupa yaitu :

Daftar Isi

Tujuan blokade ekonomi belanda

  1. Agar ekonomi Indonesia mengalami kekacauan
  2. Agar terjadi kerusuhan sosial karena rakyat tidak percaya kepada pemerintah Indonesia, sehingga pemerintah Belanda dapat dengan mudah mengembalikan eksistensinya.
  3. Untuk menekan Indonesia dengan harapan bisa dikuasai kembali oleh Belanda.

Di atas adalah jawaban dari beberapa sumber di media internet sekarang akan saya jelaskan lebih rinci dan jelas apa tujuan dari belanda melakukan blokade ekonomi indonesia :

Blokade laut ini dimulai pada bulan November 1945 ini, menutup pintu keluar-masuk perdagangan RI. Adapun alasan pemerintah Belanda melakukan blokade ini adalah :

Apa Tujuan blokade ekonomi belanda

  1. Untuk mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia.
  2. Mencegah keluarnya hasil perkebunan milik Belanda dan milik asing lainnya.
  3. Melindungi Bangsa Indonesia dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang bukan Indonesia.
  4. Akibat dari blokade ini barang-barang dagangan milik pemerintah RI tidak dapat diekspor, sehingga banyak barang-barang ekspor yang dibumihanguskan. Selain itu Indonesia menjadi kekurangan barang-barang impor yang sangat dibutuhkan.
  5. Kas negara kosong, pajak dan bea masuk sangat berkurang, sehingga pendapatan pemeritah semakin tidak sebanding dengan pengeluarannya. Penghasilan pemerintah hanya bergantung kepada produksi pertanian. Karena dukungan petani inilah pemerintah RI masih bertahan, sekali pun keadaan ekonomi sangat buruk.

Usaha menembus blokade belanda

  1. Diplomasi Beras ke India Usaha ini lebih bersifat politis daripada ekonomis. Ketika terdengar berita bahwa rakyat India sedang ditimpa bahaya kelaparan, pemerintah RI segera menyatakan kesediaannya untuk membantu pemerintah India dengan mengirimkan 500.000 ton beras, dengan harga sangat rendah. Pemerintah bersedia
    melakukan hal ini karena diperkirakan pada musim panen tahun 1946 akan diperoleh surplus sebesar 200.000 sampai 400.000 ton.
    Sebagai imbalannya pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Indonesia. Keuntungan politik yang diperoleh oleh pemerintah RI adalah dalam forum internasional India adalah negara Asia yang paling aktif membantu perjuangan kemerdekaan RI.
  2. Mengadakan Hubungan Dagang Langsung ke Luar Negeri Usaha untuk membuka hubungan langsung ke luar negeri, dilakukan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta

Demikian ulasan di atas semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Kumpulan kunci jawaban tema

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *